Senin, 01 Agustus 2011

Tradisi Jalan Pagi (M'raton)

P'lembang Tercinto - Hei,,, salam semuanya, selamat pagi dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankannya. Hari ini adalah hari pertama puasa tahun ini dan juga hari pertama di Bulan Agustus, sepertinya Agustus bakalan full puasa ya. Ok lah semoga semua blogger bisa menjalaninya dan tetep semangat.. :)

Pagi ini saya ingin membuat sebuah tulisan tentang "Tradisi Jalan Pagi" bagi anak-anak dan remaja kota Palembang yang biasa kami sebut "M'raton". Ntah asal kata itu dari mana tapi yang pasti sudah dari kecil kami anak-anak Palembang menyebut jalan pagi di hari-hari puasa itu dengan kata M'raton tadi. Mungkin ada sejarahnya tapi aku kurang tau.



Seperti halnya dulu waktu saya masih kecil, hari pertama Puasa pasti sangatlah meriah dan semangat sangkin semangatnya sampe-sampe semua turun kejalan besar dan nyalain kembang api dan lebih banyak lagi mercon (percon akrabnya dipalembang). Dulu situasinya memang agak berbeda, anak-anak dulu lebih bertujuan keluar rumah setelah sholat subuh hanya untuk jalan2 saja dan terkadang pergi ke pasar untuk belanja kuliner mungkin untuk berbuka di sore harinya. Memang sih tradisi jalan pagi seperti ini tidak luput dengan adanya tradisi bermain percon (mercon) apalagi bagi anak laki-laki, semua pasti sudah pada siap dengan percon mereka masing-masing untuk membuat riuh jalan dan ngerjain teman-tamanya yang lain.

Tradisi yang bermain percon itu sebenernya sangat mengganggu dan tidak patut untuk di turun-temurunkan. Tapi heran juga ya kalo yang ga baik-baik turunnya cepet banget tapi kalo yang baik-baik susah.. hhe.
Untuk Tahun ini sih Tradisi Jalan pagi sedikit berbeda karena anak-anak remaja dan pemuda/pemudi kota ini lebih memilih keluar dengan kendaraan roda 2 mereka bisa motor bisa juga sepeda. Kalo yang sepeda sih boleh lah itung-itung nyehatin badan, tapi kalo yang bermotor, uhhh.... sangat mengganggu. Selain cenderung berkonvoi saat berkendara, suara motor2 anak muda itu tau sendiri semua serba racing dan berisik.... belum lagi ini sangat menambah polusi di pagi hari yang harusnya fresh dan ademmmm... Cobalah mereka sadar dan mencoba untuk menggunakan sepeda atau bisa juga Jalan Pagi saja. Kan sehat ya !!!

Telisik demi telisik saya lihat tujuan mereka yang berkendaraan tadi ternyata tidak jauh dari tujuan mereka saat malam minggu, yaaa BKB(Benteng Kuto Besak), Bundaran Masjid Agung, Pinggiran Ampera sampe ada juga ke Bundaran Jakabaring... wooow jauh banget ya.

Bulan Ramadhan memang membuat suatu perbedaan, membuat sebuah keunikan dan ciri khas tersendiri. Khususnya untuk pagi hari gini, anak-anak, remaja sampai pemuda pada muncul dijalanan, ada yang jalan kaki ada yang bersepeda ada juga yg berkendaraan motor. Nongkrong di Halte Bus, nongkrong di Pasar2, dipinggir jalan, Fly Over, Taman-taman seperti taman simpang Polda, Jembatan Ampera, BKB sampai ke Bundaran Jakabaring. Semuanya seperti asik sendiri untuk membuat bulan ini terlihat berbeda dari bulan-bulan lainnya. Apakah hanya itu saja yang mereka bisa lakukan?? Ternyata ngak kawan-kawan!!! jangan salah tadi lewat di Masjid Agung ada juga tuh anak-anak, Remaja dan Para pemuda yang duduk nongkrong di sekitar Serambi Masjid duduk ngobrol ringan terlihat habis menunaikan Sholat mereka... Nah gitu dong. Baru benar!!!

Selamat Menunaikan IBADAH PUASA buat yang Menjalankannya.... Terima Berkahnya dan Jangan Lupa diambil Maknanya. Jadi ga sia-sia Puasa ya.. OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please comment !! your comment be my correction...