Minggu, 12 Juni 2011

Blogilicious kito Palembang "Lomba Semi-SEO"

Apa itu Blogilicious ?? Apa itu SEO??

Disini saya akan sedikit membagikan apa yang saya ketahui dengan bahasa dan cara menulis saya sendiri.. semoga benar-benar terkesan bagi anda pengunjung blog ini dan pastinya bermanfaat.

Saat ini banyak sekali para pengguna mesin pencari Google, dengan sejuta bahkan bermilyaran kata kunci (keyword) yang kita tidak tahu-tahu. Mulai dari negara di benua Asia, America, Eropa, Afrika, Australia dan tempat-tempat lain diseluruh pelosok dunia telah mengenal sang Google. Walau bukan merupakan Mesin Pencari tunggal yang bisa kita akses tapi saya berani berpendapat lebih dari 50% pengguna jasa internet menggunakan fasilitas Google itu sendiri mulai dari hanya Browsing berita atau artikel sampai ke mempromosikan diri melalui blog.



Saat ini pesatnya perkembangan dunia cyber telah menarik sejumlah usahawan dan perusahaan-perusahaan besar melakukan promosi produk mreka lewat dunia maya. Bukan hal yang mengherankan lagi jika anda sekalian mengikuti satu atau dua situs jejaring sosial dengan tujuan mendapatkan teman dan relasi bisnis anda. Segala sesuatu telah berkembang didunia maya, seperti halnya dunia yang kongkrit "cyber" berkembang menjadi hal yang kompleks dan tidak bisa dipisahkan dari para penghuni dunia yang sesungguhnya...

Para perusahaan yang memiliki target dalam penjualan barang dan promotion product adalah yang langganan penyedia pundi-pundi uang bagi para orang-orang yang pandai melihat peluang dunia maya. Dengan kata lain dunia maya sekarang telah memiliki sistem perekonomiannya sendiri. Sebagai contoh didunia nyata ada yang namanya spanduk2 dipinggir2 jalan yang ternyata sang penyedia tempat spanduk2 itu melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan yang sedang ingin mempromosikan produk mereka. Bagaimana cara kerjanya? trus apa hubungannya dengan Blogilicious dan SEO itu sendiri...???

hayo, siapa yang tau? yang tau pasti sudah pada master nieh, soalnya aku aja masih pemula.. hhe.

Selama ini dunia cyber dihiasi dengan kata-kata dan artikel-artikel tentang berbagai hal yang kita tidak tahu dari mana asal itu semua. Secara garis besar sebenarnya yang menulis itu semua adalah Blogger, mreka yang bekerja didepan layar komputer dengan sejuta keelokkannya menulis dan membuat karya tulis yang indah dan berbobot maka muncullah berbagai tulisan-tulisan yang bisa kita baca, mau tentang apapun pasti ada. Bukan perjuangan yang mudah bagi dunia cyber untuk menjadi seperti sekarang ini, butuh setidaknya beberapa adaptasi masa yang juga adaptasi konsep sesuai dengan kebutuhan zaman. Dulu mungkin isi dari setiap keyword itu tidaklah banyak, bahkan cenderung mengulang dari keyword yang lain. Dengan demikian para pembaca atau pengguna jasa internet sangatlah tidak mendapatkan apa-apa alias percuma donk informasi yang didapat tidak berbobot dan lengkap. Dulu juga akses internet masih sangat lambat dan sangatlah jarang didapat, hanya dibeberapa tempat dikota-kota besar dinegara-negara yang maju saja. Namun semua itu mulai berubah dengan dimulainya era internet yang modern ini, tidak ada lagi  batas waktu, tempat, biaya dan informasi... semua sudah teratasi karena sebuah konsep, yaitu konsep dimana Jurnalis ada dimana-mana dan tidak akan habis waktu. Apa maksudnya??
Silahkan anda bandingkan bila 5 orang pencari berita dengan 3 orang lainnya bertugas mempublikasikan beberapa berita dengan 5000 jurnalis dunia maya dengan 5000 juga  pempublikasi berita tersebut... berapa kali lipat beda hasil yang akan didapat? wooooww, pastinya sangat besar kan.

Ok, sekarang kita masuk ke intinya, dunia sekarang tidak lagi tergantung pada media massa, media elektronik seperti TV dan Radio tapi sudah pada tingkat ke media "ini kata gue" saya menyebutnya demikian karena semua orang dengan semaunya mampu dan bisa membuat berita kapanpun dan dimanapun dia berada. Baik itu berita jelek atau berita yang mendidik, semua sudah tidak lagi dibatasi. Nah, para pemilik modal melirik hal ini sebagai suatu prospek yang menjanjikan... apa yang mereka inginkan, tujuan memasarkan produk terbuka luas di dunia maya. . mereka tidak sanksi akan kemungkinan produk mreka tidak dikenal. Karena secara fakta semua sudah terfasilitasi internet, baik rumah, sekolah sampai instansi2 besar diseluruh dunia..

Seiring berkembangnya zaman ternyata para pengusaha mulai lagi belajar dari kondisi yang sudah ada, mreka menilai adanya fokus2 yang kurang mreka lakukan.... walau para jurnalis dunia maya sudah sangat banyak tapi mreka kurang memperhatikan sesuatu yaitu daya kunjung suatu situs itu sendiri ternyata berbeda-beda dan kalaupun satu situs itu berpotensi besar mreka mematok harga mahal untuk memasangkan promo produk mreka di situs itu, bahkan ada juga yang tidak berkenan karena alasan tidak ingin mengkomersilkan tulisannya.
Oleh karena alasan itulah muncul perusahaan2 didunia maya yang memang besar di dunia maya bukan didunia nyata ini.. yaitu mreka yang menjadi relasi para pengusaha2 besar yang ingin mempromokan produk mreka serta menjadi rumah bagi mreka yang ingin menghasilkan uang dari kegiatan mreka didunia cyber. Banyak konsep yang ditawarkan para perusahaan penyalur ini, seperti dengan membayar dengan harga sama rata, tugas-tugas yang membutuhkan skill sampai hanya melakukan hal paling wajar yaitu memasang banner iklan.

di Dunia sendiri sudah banyak dikenal istilah perusahaaan yang mempermudah para blogger dan pemilik produk berbisnis secara online. Tapi tidak sedikit kendala orang Indonesia sendiri melakukan kegiatan bisnis itu karna masalah bahasa dan pembayarannya. Nahh, oleh karena itu saat ini muncullah satu perusahaan yang seperti tadi saya sebut di bumi Indonesia bernama IDBlognetwork. Mereka mengatur semua keperluan para pemilik produk hingga memberikan aturan kepada para blogger Indonesia. Untuk lengkapnya anda bisa kunjungi Websitenya IDblognetwork.

Blogilicious adalah sebuah event yang diadakan oleh Idblognetwork untuk mempromosikan cara kerja mreka kepada para blogger Indonesia. Event ini juga mengulas jelas cara-cara ngeblog dari awal hingga ke bidang yang sangat riskan yaitu security blog itu sendiri...
Dan untuk memeriahkan event ini pihak idblognetwork beserta para klien yang juga sponsor dari event ini mengadakan lomba Semi-SEO.

SEO sendiri memiliki kepanjangan Search Engine Optimization yang aritnya kira-kira Optimalkan Mesin Pencari. Jadi apabila anda menemukan kata SEO atau lomba SEO maka sebenarnya itu adalah cara bagaimana tulisan atau artikel kita yang sudah kita tulis di Blog atau Website terdeteksi oleh mesin pencari Google yang tadi sudah saya katakan lebih dari 50% pengguna internet mengakses atau mencari sebuah aritkel lewat mesin pencari satu itu, GOOGLE.
Lewat sini jugalah mreka para pemilik modal atau perusahaan2 besar yang ingin memasarkan produk mreka melihat suatu potensi dari blog seseorang apakah layak atau tidak untuk menjadi media promo mreka.

Jadi, SEO yang tadinya hanya berupa kontes secara tidak langsung menjadi ajang ketangkasan para Blogger untuk menunjukan karya mreka didunia luas lewat dunia maya.. sekian TERIMA KASIH ya.

Memang sih banyak embel2nya ketimbang penjelasannya, tapi begitulah .. apa yang saya tulis semata2 tidak lebih dari apa yang saya tahu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please comment !! your comment be my correction...