Minggu, 26 Juni 2011

Palembang Relly United Bike

Sungguh membingungkan sekaligus takjub ketika melihat banyak masyarakat Palembang pagi ini menggayuh sepedanya dijalan-jalan protokol Kota Palembang.

Seperti  biasa setiap hari minggu pagi Masyarakat Kota Palembang keluar untuk olahraga sekedar melepas penat setelah sepekan bekerja. Tidak jarang adanya suatu komunitas atau sekumpulan golongan tertentu melakukan lari santai di sepanjang Jln. Jend. Sudirman mulai dari kawasan Pasar (IP) sampai Stadion Kamboja. Adapun yang lebih menarik lagi dapat kita lihat dari Seberang Ulu, Masyarakat yang tinggal di sisi Selatan kota Palembang ini memilih lari pagi dengan mellintasi Jembatan Ampera yang tak disanksikan lagi keindahannya. Biasanya mereka melakukan lari pagi atau jogging santai ini saat matahari belum muncul dari peristirahatannya, sekitar pukul 5-6 pagi.... Tidak hanya disana saja, masih ada Taman Bank SumselBabel di simpang Polda yang menjadi salah satu tempat nongkrong baru masyarakat sekitar. Di sisi barat kota pun ada tempat yang sudah pasti dikenal masyarakat Palembang yaitu Kambang Iwak (KI), taman yang berkonsep mengelillingi sebuah danau kecil (waduk) untuk memenuhi kebutuhan rileksasi bagi masyarakat palembang itu juga tentunya.



Namun pada minggu ini ada suatu hal yang sedikit berbeda yang saya temukan di pinggir-pinggir jalan besar dikota ini. sebagian besar masyarakat menggayuh sepeda mereka.... mulai dari Seberang ulu yang berombong-rombong menggayuh sepeda mereka. Mau kemanakah mreka ini??
Saat melihat ke arah Jln. Merdeka juga tidak kalah banyak mreka yang memakai pakaian lengkap bersepeda bak seorang biker handal. Sampai di Jln. Kapten A. Rivai juga terlihat beberapa anak muda yang  menggayuhkan sepedanya walau hanya dengan perlengkapan yang sederhana. Saat melewati Jln. Jend. Sudirman yang notebennya jalan utama di Kota Palembang terlihat lebih banyak lagi biker berpacu menggayuh sepeda mereka...
Ada apa ini? segitu cepatkah kebiasaan masyarakat berubah? hanya dalam waktu 1 minggu... itu terlihat sedikit mustahil....

Setelah mendekati daerah Makam Pahlawan (sebelum simpang Polda) saya mellihat banyak bikers yang melintasi jalan atau menyeberang ke arah Polda Sumsel. Sampai di Fly Over Simpang Polda, barulah semua pertanyaanku terjawab....
Mereka yang tadi saya lihat sedang bersepeda memiliki tujuan yang sama yaitu komplek Polda Sumsel..

Ternyata United Bike sedang melakukan Relly di Kota Palembang. Terlihat di Pintu keluar Polda Sumsel telah terpasang Umbul-umbul "UNITED BIKE", selain dalam rangka promosi ternyata United Bike menargetkan lebih banyak lagi masyarakat Palembang yang bersepeda. Terutama dalam kegiatan mereka sehari-hari karena seperti yang kita tahu Palembang telah menjelma menjadi salah satu kota termacet se-Indonesia. Acara ini pun tidak mau ketinggalan dengan Atmonsfer SEA Games XXVI di Palembang yang semakin semarak dengan segala  perubahan di kota ini. Pihak panitia membagi-bagikan bendera negara-negara peserta SEA Games kepada peserta Relly United Bike di Kota Palembang tentunyua dalam ukuran kecil untuk dikibarkan nanti disepanjang relly mereka mengelilingi kota Palembang. Untuk rutenya ternyata simpel saja hanya dari Polda melewati jalan protokol Sudirman menyebrangi sungai Musi dengan melintasi Jembatan Ampera sampai ke MaPoltabes Palembang.

Dilihat dari jumlah antrian yang saya lihat pagi tadi, jumlah peserta saya perkirakan lebih dari 500 peserta. Dan ternyata tidak jauh beda dengan perkiraan saya disalah satu surat kabar lokal kota ini saya mendapati relly ini di ikut sertai oleh sekitar 1000an pesepeda dari setiap penjuru kota Palembang.
Acara ini sendiri memberikan 500 hadiah doorprise pada peserta yang mengikutinya...

Sungguh sebuah event yang menarik dan baru untuk masyarakat Kota Palembang, semoga event-event ini dapat terus dilangsungkan secara kontinu baik oleh pihak swasta atau perusahaan maupun dari pemerintah daerah itu sendiri. Mudah-mudahan kebiasaan masyarakat Palembang mulai berubah dan mau melirik sepeda sebagai alat transportasi mereka saat berkaktifitas. 

Sukseskan SEA GAMES ke-XXVI di Palembang.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please comment !! your comment be my correction...