Kamis, 23 Juni 2011

Sepuluh besar kota Indonesia

Tahun demi tahun kota yang berjuluk kota Empek-empek ini melejit dan membumbung tinggi bak diatas awan. Dimulai dengan perhelatan PON XVI di Kota Palembang, kota ini mulai menunjukkan taringnya di bumi Nusantara.

Tahukah anda Kota-kota terbesar di Seluruh Indonesia??
Sadarkah anda Kota anda pada peringkat berapa??
dan Seberapa berprospekkah kota yang anda tingggali???



Dipertengahan tahun 2011 ini saya berani menggunakan angka lima (5) untuk peringkat kota Palembang.. bukan tanpa alasan saya menulis ini, banyak faktor dan alasan yang bisa saya jadikan pengkajian untuk membuktikan hal ini. Tetapi kembali lagi pada anda mau percaya atau tidak dengan argumen saya ini...

Saya mengurutkan kota bukan hanya berdasarkan luas, kepadatan, highbuilding dan umur kota itu sendiri.. tapi saya menganalisis prospek kedepan sebuah kota baik dari segi geografis dan perekonomiannya...

Ini dia beberapa kota besar dengan peringkatnya.. :
  1. Jakarta, sudah bukan rahasia lagi kalo Jakarta adalah kota terbesar pertama di Indonesia, bahkan Jakarta sendiri telah dinobatkan sebagai salah satu kota terpadat di dunia(kalo tidak salah peringkat 4). Dengan luas +/- 670 km2 dan jumlah penduduk 9.373.900 jiwa. Angka itu hanya diwilayah Jakarta itu saja, belum lagi kota-kota satelit yang mengelilingi Jakarta yang sering disebut Jabodetabek. Kota ini memiliki banyak gedung tinggi dan bangunan yang tergolong mewah. Fasilitas lengkap dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Namun dilihat dari jumlah penduduknya dan luas kota Jakarta tergolong kota yang sangat padat.
  2. Surabaya, menjadi pusat bisnis, perdagangan dan industri di Indonesia bagian timur. Selain lokasinya yang masih di Pulau Jawa, Surabaya juga tergolong di Indonesia bagian tengah sehingga di masa orde baru kota ini dijadikan Kota transit bagi Berbagai barang yang masuk atau keluar pulau jawa ke Indoneisa bagian timur. Seiring dengan berjalannya waktu Kota Surabaya pun berkembang mandiri dengan segudang potensi didaerah tersebut. Luas Kota ini +/- 333 km2 dan jumlah penduduk mampu mencapai angka 3 juta jiwa... Surabaya termasuk kota yang berdataran rendah tidak beda jauh dengan Jakarta. Kota ini masih berpeluang besar dalam pengembangan luas daerahnya.
  3. Medan, Kota terbesar di pulau Sumetera ini menjadi kota terbesar ke-3 di Indonesia karena posisinya yang strategis sehingga pemerintah orde baru menentapkan kota ini sebagai distrik utama untuk wilayah Sumatera terutama sumatera bagian utara. Seperti anda tahu ibukota Provinsi Sumatera Utara ini menjadi kota terbesar diluar Jawa dengan berbagai fasilitas yang tidak kalah dengan yang dimiliki Kota-kota besar di pulau Jawa. Dengan luas daerah +- 265km2 dan jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa, Kota ini berpotensi besar untuk berkembang selain lokasinya yang strategis dekat dengan Singapura dan Kuala Lumpur, daerah disekitarnya juga sudah lebih tertata rapi atau bisa dibilang lebih unggul didaerah luar jawa.
  4. Bandung, sebenarnya kota ini dapat dibilang kota ke-3 terbesar di Indonesia bersaing ketat dengan kota Medan. Tapi selain posisinya yang terletak di pulau Jawa yang notabennya memang padat dan saling berinteraksi satu kota ke kota lain maka Bandung saya masukkan ke urutan ke-4 dengan asumsi bahwa kota ini juga berpeluang kecil dalam perluasan daerah namun interaksi antar kota satelit disekitarnya sangatlah besar. Luas kota ini saja kurang dari 200 km2 atau sekitar 167km2 dengan jumlah penduduk 2,5 juta jiwa.
  5. Palembang, ini dia kota yang melejit akhir-akhir ini.... sebuah kota Kedua terbesar di pulau Sumatera. Namun Posisi Palembang selalu diganggu kota yang tak kalah hebat pembangunannya ialah Makassar. Dua kota ini dapat tergolong kota yang sukses membangun daerahnya dengan pertumbuhan sangat baik apalagi untuk ukuran kota diluar pulau jawa. Palembang berkembang pesat sesaat ketika sukses menyelenggarakan event Olahraga tingkat Nasional  yaitu PON ke-16 pada tahun 2004. Sejak saat itu kota empek-empek ini mengalami pembangunan besar-besaran, sejumlah event berskala nasional maupun internasional pun mengantri kekota ini. Pada akhir Tahun ini pun Palembang menjadi tuan rumah perhelatan besar untuk bidang olahraga tingkat se-asia tenggara SEA-GAMES ke-XXVI, segala aspek dibenahi dan fasilitas pun meningkat menjadi taraf yang tidak diragukan lagi terutama dibidang olahraganya. Atas dasar itulah Palembang saya masukkan kedalam peringkat ke-5 kota terbesar di Indonesia. Luas kota yang mencapai 400km2 dengan jumlah penduduk mencapai 1,5 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk dengan hitungan ideal dan masih banyaknya wilayah yang dapat dibangun dikota ini membuatnya menjadi incaran para investor baik nasional maupun dari luar negeri.
  6. Makassar, kota ini amat berpotensi dibidang pariwisatanya dan berbagai kegiatan ekonomi untuk Indonesia bagian timur. Posisinya yang lebih dekat dengan kota-kota lain di Indonesia timur menjadikannya tempat paling strategis untuk menanam investasi kedepan karena sejauh ini belum ada daerah semaju kota makassar di Indonesia bagian timur. Kontur kota yang perbukitan membuat kota ini tampak indah saat malam namun juga sekaligus menyulitkan pembangunan besar-besaran dikota ini. Luas kota ini saja hanya sekitar 175km2 dengan jumlah penduduk hampir sama dengan kota Palembang yakni 1,5juta jiwa.. kota ini menjadi salah satu kota berprospek paling baik di Indonesia bagian timur.
  7. Semarang, kota ini terdapat dipulau jawa jadi tidak diragukan lagi menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Menjadi ibukota Jawa Tengah kota Semarang berkembang aktif menjadi penyambung antara kota suraaya dan Jakarta dibagian utara dan keselatan dengan kota Yogyakarta. Luas daerah kota ini mencapai 373km2 dan jumlah penduduk hampir sama dengan Palembang dan Makassar yaitu 1,5 juta jiwa.
  8. Bekasi, Tanggerang, Depok merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia bahkan dengan kepadatan melebihi kota Medan, Palembang dan Makasar namun kota-kota ini tidak saya masukkan diatas kota Medan, Palembang, Makassar dan Semarang karena kota-kota ini adalah tetangga terdekat Jakarta atau bisa dibilang pinggirannya Kota Megapolitan Jakarta jadi saya tidak menobatkannya sebagai 5 besar melainkan 10 besar saja... terserah anda mau meletakkan kota-kota ini di urutan 8,9 atau 10. Luas masing-masing daerah Bekasi 210km2, Tanggerang 177km2, Depok 200km2 dan jumlah penduduk Bekasi 2,3juta jiwa, Tanggerang 1,8juta jiwa, depok 1,7juta jiwa.
Diatas memang tidak tertulis dari mana data dan akuritas data yang sesungguhnya, banyak sumber yang saya baca tetapi sedikit berbeda tiap media tiap artikel. Jadi saya hanya mengambil data-data dari beberapa sumber yang terpercaya seperti Wikipedia dan Website resmi dari tiap-tiap kota.
Anda juga dapat menilai sendiri mana kota-kota terbesar di Indonesia sesuai versi anda juga, dan inilah versi saya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please comment !! your comment be my correction...