Rabu, 20 Juli 2011

Wisata di Pinggiran Sungai Musi

P'lembang Tercinto - Setiap Kota memiliki tempat-tempat tersendiri yang dianggap sudut terindah atau tempat favorite bagi warga kota tersebut. Karena Blog ini bercerita dan menginformasikan tentang Kota Palembang jadi saya akan menceritakan salah satu Sudut Kota Palembang yang sangat indah dan Banyak dikunjungi oleh warga Kota Palembang itu sendiri sampai turis-turis dari Provinsi tetangga bahkan bisa jadi turis luar negeri juga.

Siapa yang tak pernah mendengar Sungai Musi, siapa juga yang tak tahu Jembatan Ampera ?? Keduanya terletak di Kota Empek-empek Palembang sebuah kota besejarah dan tak kalah besar dengan kota-kota besar lain diindonesia... Orang-orang yang berkunjung ke Kota Palembang pasti ingin melihat keindahan jembatan Ampera yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Illir. Orang-orang juga ingin melihat kekhasan dari Sungai Musi yang menjadi Wisata andalan Kota Palembang.



Jembatan Ampera diambil dari Pasar 16 ilir
Pinggiran Sungai Musi yang ternyata menyimpan daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar kota selain memang memiliki view yang indah dari berbagai sudut apalagi jika dilihat dari Jembatan Ampera. Di tempat ini juga tersedia wisata Kuliner yang dapat ditemui disepanjang pinggiran sungai Musi.
Akhir-akhir ini Pinggiran sungai Musi yang sudah ditata rapi oleh pemerintah Kota Palembang lebih dikenal dengan nama Plasa BKB yang notabennya adalah sebuah benteng Zaman Penjajahan yang asli dibuat oleh warga Pribumi pada saat itu. Tempat ini sangat sejuk bahkan bisa dibilang hembusan anginnya seperti di Pantai sehingga tak salah kalo warga asli kota Palembang sering menyebutnya "Laut" padahal ini hanya pinggiran Sungai Musi. Disini sering diadakan berbagai event seperti EXPO, KONSER, NONTON BARENG, Starting JALAN PAGI sampai tempat nongkrong bagi anak-anak muda Kota Palembang.
Tapi sebenarnya BKB bukanlah satu-satunya Wisata Sungai Musi yang dapat dikunjungi dan memiliki pemandangan yang indah.... Untuk sekarang ini saja di belakang Pasar 16 ilir tidak jauh dari BKB tepatnya disebelah barat jembatan ampera di bagian Seberang ILIR telah dibuat tak kalah indahnya dengan BKB. Tempat pejalan kaki yang luas, terdapat stan-stan Makanan (kuliner) sampai dermaga yang bisa mengantarkan anda memutari sungai Musi( di BKB juga ada ).

Tidak Beda jauh dari seberang ILIR, Seberang ULU yang berada di seberang sungai Musi memiliki Pemandangan yang tidak kalah indahnya, dengan tetap view utamanya adalah Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Seberang ULU juga memiliki 2 buah sisi yaitu didaerah Kampung Kapitan tepatnya persis di seberang BKB dan Daerah 10 ULU tepatnya persis di seberang Pasar 16 Ilir.
Nah Sudah tergambar kan bagaimana letak-letaknya... :)
Di Kampung Kapitan telah dibangun sebuah bangunan berupa seperti Payung Besar dengan jalan yang sedikit lebih menarik dari BKB, tempat ini direncanakan menjadi Pusat Kuliner Pinggiran Sungai Musi. Bahkan Warung Legenda yang biasa hanya di Temukan di BKB sudah terdapat disini. Untuk saat ini Pengerjaan Fisik telah rampung namun proyek menjadikan Pusat Kuliner belum berjalan.


Jembatan AMPERA diambil dari BKB
Selanjutnya Di Daerah 10 ULU, nah menurut saya ini dia master View dari River Side. Kenapa? Karena disini kita dapat melihat View yang lebih luas dan tentunya sangat memuaskan Mata. Disini terdapat sebuah Kelenteng Budha yang terkenal yaitu Kelenteng Dewi Kuan Im. Kelenteng ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena arsitekturnya yang memang khas cina dengan warna merah menyala sangat mengundang mata untuk melihatnya. Belum lagi setiap ada hari perayaan keagamaan budha lampion-lampion cantik dinyalakan di sepanjang jalan menuju kelenteng ini sampai Pinggiran sungai Musi tentunya orang-orang yang melintas di Jembatan Ampera bisa melihatnya dengan Jelas. Selain kelenteng budha tempat ini juga terdapat Masjid Gozhali yang tak kalah indah karena telah ditata seindah mungkin oleh pengurus Masjid yang juga dibantu Pemerintah. Tak kalah menariknya ada Pos Polisi terapung di sini lengkap dengan speed boat ala Polisi air...  Dermaga yang juga terdapat di BKB, Pasar 16 Ilir dan Kampung Kapitan tadi juga ada disini, ini semua memang didesain oleh pemerintah kota Palembang untuk memberikan pelayanan agar memermudah pegunjung menikmati Wisatanya di Pinggiran Sungai Musi.

Malam Hari di Pinggiran Sungai Musi adalah momen dimana puncak dari keliling-keliling kita di Wisata Pinggir Sungai Musi ini, Pemerintah kota telah memasang lampu-lampu cantik di BKB dan sebuah Tower telah dihiasi lampu terang dengan kerlap-kerlipnya yang indah, Ampera yang juga dibuat listnya Menyala terang dengan lampu yang indah, Pasar 16 Ilir dan Kampung Kapitan juga sampai Kelenteng Dewi Kwan Im yang dipenuhi Lampion-lampion merah menyala...
Pos Polisi dengan desain rumah Terapung


Sungguh indah menikmati Indahnya Sungai Musi dengan berkeliling menggunakan Speedboat atau mungkin "Ketek"  ala Palembang. Anda bisa memilih start dari mana, dan berkunjung kemana saja dengan tarif "nego". Bahkan Anda bisa berkeliling sungai musi statsiun pengisian bahan bakar terapung yang tidak jauh dari pertamina Plaju, PT.Pusri dan Pulau Kemarau di Siang maupun malam hari...

Wisata Di Pinggiran Sungai Musi - Silahkan mencoba dan ENJOY IT. :)

please use Google Translate for you languages in Sidebar!!

2 komentar:

  1. wahh... boleh juga tuh...

    saya kemarin cuma sempat photo-photo aja di atas Jembatan Ampera... pemandangan yang luar biasa ... !!!

    BalasHapus
  2. aduhhh belum bisa lihat keindahan secara langsung,,,
    cuman bisa lihat dari pic-pic nya saja,,

    pengen berat,,,,

    BalasHapus

Please comment !! your comment be my correction...